Forum Agroindustri Indonesia











Apa sih FORAGRIN itu?? Belum pernah denger? Ok, sesuai nama blog di atas FORAGRIN merupakan singakatan dari Forum Agroindustri Indonesia.
Agroindustri hingga saat ini masih menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa Indonesia. Hal ini yang pada akhirnya memposisikan agroindustri sebagai sumber devisa negara di sektor non-migas. Peranan agroindustri tidak kalah pentingnya jika dibandingkan tunjangan energi yang harus ditanggung oleh suatu negara. Artinya, agroindustri tidak pernah lepas dari sisi-sisi kehidupan bangsa indonesia sehari-harinya.
FORAGRIN adalah Organisasi Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian yang didirikan tanggal 6 April 2008 di Universitas Brawijaya Malang. Pada awalnya merupakan hanya suatu perkumpulan antar sesama departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN/TIP). Tahun 2004 Foragrin belum memiliki kestrukturan maupun arsip organisasi yang jelas karena berasaskan hanya pertemuan dan ajang silaturahmi dengan mahasiswa dengan departemen TIN/TIP. Pada tahun 2006 mahasiswa yang terdiri dari beberapa universitas yang ada di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Trunojoyo. Berkeinginan bahwa organisasi FORAGRIN adalah organisasi yang legal dan formal. Sehingga pada tahun 2008 yang ketua umumnya adalah Agus Faisal (IPB) telah memiliki arsip organisasi sehingga menjadi organisasi yang legal.

VISI    : FORAGRIN mewadahi insan agroindustri dan berkontribusi dalam perkembangan agroindustri Indonesia.

MISI   :
  1. Memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkembangan dan peluang dunia agroindustri Indonesia.
  2. Mampu menjembatani praktisi agroindustri Indonesia dengan mahasiswa agroindustri dalam rangka aktualisasi ilmu agroindustri.
  3. Ikut serta dalam pengkritisan perkembangan agroindustri Indonesia.
  4. Menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang sejalan dengan visi FORAGRIN.
  5. Mengaplikasikan keilmuan dan keprofesian agroindustri kepada masyarakat.

Keanggotaan FORAGRIN adalah seluruh mahasiswa Teknologi Industri Pertanian di Indonesia, sampai saat ini anggotanya meliputi: Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Trunojoyo (Madura), Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Bengkulu, Universtas Udayana, dan Universitas Brawijaya.


 



Artinya, Foragrin masih merupakan organisasi muda yang menjadi estafet perjuangan dari forum-forum agroindustri yang sebelumnya sempat berdiri dan vakum hingga saat ini. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu metode dalam memperbaiki dan merapikan barisan kader forum ini sebelum benar-benar fokus pada agroindustri. Indonesian Agroindustrial Student Leaders Summit (IASLS) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dimaksudkan sebagai pembenahan sekaligus pencetakkan generasi yang berkarakter agroindustri dalam menjawab tantangan dunia. Muatan yang diberikan berupa simposium, diskusi, pelatihan, dan beberapa kegiatan lainnya diharapkan mampu memperkuat paradigma pertanian yang dimiliki sehingga menjadi insan agroindustrialis yang kompeten. Artinya, diberikan suatu wadah kreativitas dalam merumuskan serta memberikan solusi masalah yang ada saat ini. Selain itu, juga sebagai suatu langkah kongkrit dalam mempersiapkan generasi bangsa yang berwawasan agroindustri sehingga siap bersaing di masa depan(dha).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar